Rabu, 25 Mei 2011

CARA MEMBUAT KUMPARAN TRIFILAR DARI BEKAS TOROID LAMPU HEMAT ENERGI










MEMBUAT KUMPARAN TRIFILAR DARI BEKAS TOROID LAMPU HEMAT ENERGI

Banyaknya keluhan rekan-rekan penggemar elektronika khususnya dalam bidang amatir radio yang merakit BITX transceiver.Karena berbagai sebab,mungkin tidak menemukan ferit hidung babi (binocular) bekas balun TV.Ada alternative lain yang dapat digunakan,dan ini mudah carinya,terutama barang bekas.Yaitu dengan memanfaatkan toroid pada kumparan yang terdapat di lampu hemat energy.Tentunya lampu yang kita gunakan sudah rusak atau tidak terpakai lagi.Dan bekas lampu hemat energy ini banyak dijumpai dimanapun,dari ukuran kecil hingga watt besar,karena efisien dan cahaya yang dihasilkan lebih terang serta awet tentunya.Kita bisa memanfatkan bekas toroid dari rangkaian lampu hemat energy (energy saver lamp) untuk membuat kumparan trifilar. Caranya buka lampu dan temukan rangakaian elektroniknya di dalam.Maka akan terlihat kumparan pada cincin toroid yang dililit kabel 3 warna,lepas kabel tersebut dan ambil toroid cincinnya yang berdiameter 1 Cm tersebut dan gulung dengan menggunakan kawat email 0,4 milimeter yang dirangkap 3 untuk kumparan trifilar.Gulung sebanyak 8 lilit. Dan sambung ujung satu dengan yang lain seperti gambar pada posting yang lalu . Dari pengalaman yang saya peroleh,ternyata induksi dari kumparan trifilar toroid cincin bekas lampu hemat energi lebih baik dari ferit hidung babi dari bekas balun TV ! Dan beberapa teman sudah mencoba dengan toroid bekas lampu hemat energy digunakan pada BITX transceiver di band 80m dengan hasil memuaskan baik Transmitter maupun Receivernya.
Selamat mencoba…………de YC3LVX

5 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih om,, sangat bermanfaat untuk saya yang pemula....
wawan - riau

Anonim mengatakan...

kang yoke, ini rais 13 cwk, gimana cara bikin toroid FT50-43 dari bekas lampu hemat energi, bisa gak? piye carane? + bahn dan ukurannya trim suwun

DEKA mengatakan...

mas bro, aq mo bkin coil induktor 100 micro henry, n aq pny tembaga 0,5

Anonim mengatakan...

apakah ada data berapa nilau uH nya untuk lilitan di BITX ini..?

Anonim mengatakan...

saya kira bila ada data nilai yang seharusnya, dengan segala macam toroid seharusnya bisa di buat.., mungkin juga dari bekad IFT radio..

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger