Minggu, 06 Desember 2015

MEMBUAT CONVERTER PENERIMA MEMANFAATKAN RADIO CB

Dipenghujung tahun 2015 ini sya mengulas cara Membuat RX Converter memanfaatkan radio CB
Para penggemar Radio CB tentunya sudah sering mendengar orang di Frekuensi antara 26.695-27.405MHz,pada band Middle.tentunya bila radio CB tersebut lengkap MODE nya seperti AM,FM,SSB dan CW malah bisa leluasa kita bisa mendengarkan atau berQSO dengan lawan bicara dengan MODE yang lengkap diatas. Saat propagasi menutup Di 27MHZsering kita tidak mendengarkan apa-apa ,hanya suara desis aja pada radio CB. Terbayang ingin mendengarkan orang QSO di frekuensi lain,tetapi apa daya Radio CB hanya punya satu-satunya yang dipunyai,dirubahke band lain kok Eman…
Nah berikut ini adalah rangkaian Converter untuk radio CB yang mudah dan murah,TANPA HARUS MERUBAH RADIO CB,Rangkaian ini terdiri dari penguat RF dan penala,Mixer dan oscillator local. T1 berfungsi sebagai Band Pass Filter yang meloloskan frekuensi yang dikehendaki, sedang TR1 merupakan penguat RF dan Mixer,menguatkan signal dari BPF dan mencampur dengan sinyal RF dari oscillator. Sehingga system kerjanya sebagai berikut , Katakanlah sinyal yang diterima pada Band 40m pada Frekuensi 7,055Mhz ,kemudian Oscilator local bekerja pada frekuensi 20 Mhz maka ada proses mixing dalam hal ini penjumlahan dari sinyal RF penerima + frekuensi Oscilator local sehingga outputnya sebesar : 7.055 + 20.000 = 27.055 Mhz (Channel 9) sehingga output masuk pada penerima radio CB tepat pada band 11m. Jangan lupa Mode kita sesuaikan dengan mode pada radio CB, untuk band 40m dan 80m pada LSB (Lower Side Band) sedang di band 11Mhz adalah USB (Upper Side Band)
Rangkaian ini sangat Peka dan Selektif ,cocok untuk SWL (Short wave Listener)dan Homebrewer. Termasuk saya dulu saat masih tingkat siaga sering SWL ing dengan rangkaian ini dengan menggunakan radio CB Midland 7001,akhirnya dapat juga balasan QSL Card SWL Lho…dari stasiun Italy dan Australia di 40m.
Teman-teman tentunya yang sudah bikin radio BITX juga kepingin dengar suaranya sendiri,nah rangkaian converter ini cocok sekali untuk mencoba dengar suaranya sendiri. Antena dipasang di input coverter ,sedang output converter ke terminal antenna pada radio CB. Oh ya rangkaian ini dapat dipasang di segala radio CB 27Mhz ,tetapi diusahakan yang MODE nya lengkap ,yang dapat untuk menerima siaran SSB atau yang ada Mode SSB nya.
Rangkaian ini tidak merusak kesensitifitas radio CB,sehingga misalkan kita gunakan radio CB nya ya normal seperti sedia kala. Rangakain ini dapat juga dikembangkan untuk Coverter TX dan RX dengan menambah Mixer lagi untuk TX nya.Hasilnya dari rangkaian ini sangat menakjubkan sanggup bersaing RXnya dengan radio All Band Pabrikan. Setel T1 dan T2 serta trimmer untuk mendapatkan hasil yang optimal,jangan lupa putar juga Clarifier/Fine dan Coarse untuk mendapatkan hasil yang suara jernih.
Penulis pernah mencoba membuat converter ini di band 80m,40m dan band 11mc .hasilnya sangat membantu kita untuk SWL maupun experiment saat mendengarkan radio BITX yang kita buat.Ukuran PCB 4,5cm X 5,5cm
SELAMAT MENCOBA   

10 komentar:

RKPD Nganjuk Berubah Menjadi RSAL mengatakan...

Siiip... pak Yoke.

RKPD Nganjuk Berubah Menjadi RSAL mengatakan...

Siiip... pak Yoke.

Unknown mengatakan...

https://youtu.be/eZdhZaFnLe0

Wing mengatakan...

Pak Yoke, bikinin sekalian converter tx nya donk. Ditunggu yaa...
Suwun.

Wing mengatakan...

Pak Yoke, bikinin sekalian converter tx nya donk. Ditunggu yaa...
Suwun.

Danie mengatakan...

OM Yoke,pcb nya sdh ada?

Unknown mengatakan...

Mantap

Unknown mengatakan...

Mantap

heri mengatakan...

Wah keren... coba kalau sekalian ada rangkaian tx di 7 mhz...cakep..

Anonim mengatakan...

msh produksi om yo , mau order

Posting Komentar

 
Powered by Blogger