Sabtu, 06 Februari 2016

THE NEW BIXEN HF-004A SSB EXITER

Di Tahun 2016 ini kami rilis pcb BIXEN HF-004A yang mana merupakan penyempurnaan dari BIXEN generasi terdahulu. Lalu apa saja perubahaan dari BIXEN yang sekarang. Ada beberapa bagian ,yaitu pada bagian penguat IF (Intermediate Frequency), pada awal-awal BIXEN mungkin merasakan saat diputar trafo IF Biru ,pada saat posisi RX (menerima) kita setel pas,kemudian  di transmisikan atau saat memancar kita putar,ternyata kok berpengaruh setelan tadi . Sehingga hal  ini juga tidak nyaman, sehingga perlu switch agar setelan tidak berubah saat di transmitkan. Untuk itu dipasang 1 buah transistor pada bagian output dari trafo IF itu sendiri. Sehingga tidak mempengaruhi satu dengan yang lain. Bagian ke dua yang dirubah yaitu penguat 1 transistor pada OUTPUT Attenuator sebelum menuju ladder filter atau pada transistor Q8. Ini merupakan penyebab timbulnya self ,atau munculnya carrier pada sinyal SSB. Untuk itu penguatan harus dikurangi agar tidak menimbulkan carrier pada bagian ini,perubahan yaitu pada nilai resistornya dan bisa dilihat pada gambar skema. Selanjutnya pada bagian pre-amp audio sebelum masuk ic LA4225 ,pada kaki Q7 rangkaian yang lama ,emitor langsung menuju ground, tetapi pada versi yang baru ,diberi resistor 82 Ohm yang tujuannya agar penguatan agak berkurang ,sehingga tidak menimbulkan suara “kentut” saat volume maksimal. Trimmer pada bagian IF juga dihilangkan dan diganti capasitor tetap, ini tujuannya agar lebih mudah aligment(penyetelan) dan mendapatkan resonansi yang sesuai dengan frekuensi  Filternya. Sedangkan bagian lain tetap. Secara keseluruhan rangkaian BIXEN HF-004A ini sudah teruji dan lebih low noise dan suara lebih mantab. Penulis sudah menguji dan mengerjakan di band 80m yang terkenal noise nya cukup tinggi,itu pun dengan hasil yang sangat memuaskan ,bahkan kalau saya dapat katakan lebih Hi-Fi dibanding radio pabrikan Jepang. Namun jangan khawatir bagi yang masih menggunakan yang versi lama dapat diubah sendiri (meng-up grade)sesuai skema baru  yang sudah di upload.
SELAMAT MENCOBA    

22 komentar:

Unknown mengatakan...

setelah saya coba di bixen versi lawas sungguh dasyat suaranya setelah di modifikasi/dirubah seperti ini (pada frekwensi 11 MHZ).. baik untuk pemancar maupun penerimanya. Hanya saja masih timbul siaran radio lain di semua frekwensi pada jam jam tertentu ... mungkin saja dari kebocoran frekwensi DDS

yoke electronics mengatakan...

Bukan kebocoran om, saya pakai All band pun juga sama ,kayaknya interferensi dari Broadcast radio luar negeri ,BPF Bixen dan BITX menggunakan 3 buah coil jadi sudah selektif, Ok semoga bermanfaat modifikasinya

SUWOKO INDUSTRIES mengatakan...

Mantap om yoke, izin lihat-lihat.

legowo mengatakan...

Nilai C6 ( capacitor pengganti trimer di IF ) berapa om yoke ?

Unknown mengatakan...

Om Yoke,
Bagaimana cara pemesanan PCB nya?

Sugeng. K

Rudi Borokokok mengatakan...

Barangkali masalah utama, impedansi input dan output BPF yang tidak sama atau tidak 50 ohm pak Yoke. Tapi kalau sama, pasti nggak perlu switch.

Yulianto mengatakan...

mas yoke, kit yang kemarin saya bawa memang belum ada VFO nya YA? kalau dds belinya dimana?

Husaini mengatakan...

Om yoke, aku jd tertarik lg nih soder menyoder radio amatir setelah 20 th lebih off. Boleh pesan pcb bitx nya om?
Gmn cara pesannya?
Japri ke email ya Om. elfi.anest@gmail.com

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Betul ..mungkin yng dimaksud Mas A.DJONET KUSUMANTOKO kebocorannya menyebar diseluruh ferq.ga tahu nih solusinya...Om Yoke bisa menjelaskan problem ini...???
Sy sendiri All band ada siaran luar negeri pd ferq. tertentu sdh wajar ....

Unknown mengatakan...

Klo mau pesen ini gimana

Unknown mengatakan...

Klo mau pesen ini gimana

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Pak kl mau bl barang bixen ssb exiter d g,trus

Unknown mengatakan...

Bixen ssb Exiter trus bs d krim g.

Unknown mengatakan...

Pak. kl mau beli PCB Bixen ssb Exiter gimana caranya ?

Unknown mengatakan...

semoga bung yoke,punya ilmu bermampaat untuk pencinta radio bitx.

jaka mengatakan...

mau order pcb ini gimana caranya masih ada ga

Unknown mengatakan...

Kalau pesa kit pcb bixen dimana dan hrganya berapa ?

Shikamaru Nara mengatakan...

untuk alat servis pakai alat dari CODY
Solder uap

adhot mengatakan...

Om yoke maaf bisa minta tolong kirim skema bixen004 punya saya hilang? terimakasih banyak

Tri Djoko yulianto mengatakan...

Untuk nilai c6 berapa om?

Posting Komentar

 
Powered by Blogger