Minggu, 28 Januari 2018

MEMBUAT LILITAN TRIFILAR UNTUK DOUBLE BALANCE MIXER (DBM) DAN UNTUK SINGLE BALANCE MIXER (SBM) SERTA LILITAN BIFILAR PADA RADIO BITX20, BITX3G, BITX3H DAN BIXEN SERTA BITX SPECTRA


Beberapa tahun yang lalu pernah saya ulas pembuatan lilitan Trifilar dan bifilar untuk radio BITX. Tetapi masih ada para pemula yang kesulitan untuk menggulung lilitan ini, nah pada kali ini akan saya bahas cara dari awal untuk membuat lilitan tersebut.
Bahan yang perlu dipersiapkan yaitu :
1.    Kawat email tembaga 0,3 – 0,4 mm secukupnya , minimal 2 meter panjangnya
2.    Toroid ferit LHE (Lampu Hemat Energy) , diameter 1 Cm sebanyak 4 buah
Alat yang di siapkan
1.    Pisau Cutter / silet untuk menghilangkan lapisan email pada kawat
2.    Multimeter /AVO meter, untuk mengukur konektivitas lilitan
3.    Tang potong untuk memotong kawat
PROSES PEMBUATAN
A.    Lilitan TRIFILAR ( T1 dan T1A serta T2 ) untuk DBM dan SBM
Potong Kawat email 0,3 – 0,4mm sepanjang 20 Cm sebanyak 3 helai kawat, dalam hal ini saya menggunakan kawat email 0,4mm., 3 helai kawat tersebut disatukan dengan jalan di pilin (diplintir) merata dan tidak terlalu rapat . Masukkan atau gulung pada Toroid ferit LHE sejumlah 6 – 8 lilit , saya menggunakan 6 lilitan saja. Digulung merata mengelilingi toroid LHE tadi ,seperti pada gambar. Pada ujung terdapat 6 buah kaki kawat email , potong rata lalu kupas lapisan emailnya dengan pisau Cutter atau silet  sehingga terlihat warna tembaganya. Lalu ukur dengan AVO pada skala ohm cari sambungan kawat yang terhubung tadi dan tandai dengan A dan A’ , B dan B’ lalu C dan C’ pada masing masing helai kawat. Karena lilitan T1 ,T1A dan T2 adalah lilitan TRIFILAR maka ada sisi PRIMER dan SEKUNDER. Untuk lilitan primer memiliki 3 kaki, dan sekunder 2 kaki. Sehingga hubungan lilitan tadi dapat di hubungkan ,yaitu sambungan A’ dan B digabung jadi satu menjadi kaki pada bagian tengah lilitan, sedang ujungnya yaitu kaki A dan B’ , sehingga A – A’B – B’ pada sisi lilitan Primer. Untuk Lilitan sekundernya terdiri 2 kaki maka ujung kawat C dan C’ yang jadi lilitan Sekunder, detail bias dilihat pada gambar. Jumlah Gulungan T1, T1A dan T2 sama persis , jika anda menggulung 6 liltan maka semua lilitan adalah sama, begitu pula jika menggulung 8 lilitan maka semua lilitan juga 8 lilit.  Lilitan T1 dan T1A adalah untuk Double balance Mixer (DBM) sedangkan T2 digunakan untuk Single Balance Mixer (SBM) pada bagian BFO.











B.    Lilitan BIFILAR (T3)
Lilitan ini terdapat pada exiter BITX/BIXEN pada penguat pertama setelah BPF pada bagian Pemancar (TX) . Untuk membuat lilitan ini lebih mudah dibanding dengan lilitan Trifilar, karena cukup menggunakan 2 helai kawat email saja. Lilitan trifilar tidak memiliki sisi Sekunder , hanya Primer saja.  Cara membuatnya sama seperti lilitan trifilar. Siapkan 2 helai kawat masing – masing  sepanjang 20 Cm. Dipilin rata ke dua kawat email tembaga tersebut. Gulung sejumlah 6 -8 lilit pada toroid cincin bekas lampu LHE secara merata. Ujung lilitan terdapat 4 kawat, Kupas lalpisan email dengan cutter dan ukur hubungan kawat tadi dengan AVO meter serta tandai dengan huruf A dan A’ menyambung, B dan B’ menyambung saat diukur dengan Ohm meter. Satukan kaki A’ dengan B lalu pilin keduanya sehingga tersambung . Sehingga sekarang ada 3 kaki/kawat yaitu A – A’B –B’. nah sekarang tinggal disolder pada PCB BITX atau BIXEN 




CATATAN : Jika menggunakan toroid FT37-43 maka gunakan 8 lilit untuk lilitan TRIFILAR maupun BIFILAR
SELAMAT MENCOBA


3 komentar:

Jaja suhendar mengatakan...

Mantap Om terimakasih. Sdh berbagi ilmu, semoga om Yoke diberi kesehatan keberkahan terus. Salam 73

Blog27999 mengatakan...

If you're looking to lose weight then you have to jump on this brand new custom keto diet.

To create this keto diet, licensed nutritionists, fitness trainers, and professional cooks have united to develop keto meal plans that are effective, painless, money-efficient, and enjoyable.

Since their launch in 2019, thousands of people have already remodeled their figure and health with the benefits a proper keto diet can provide.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones given by the keto diet.

Unknown mengatakan...

Sipp mantapp suhu...

Posting Komentar

 
Powered by Blogger