Selasa, 16 Juli 2019

INSTALASI WIRING PADA BITX SPECTRA 40

Di sini akan saya share instalasi pemasangan antara exiter BITX SPECTRA 40 dengan rangkaian LINEAR AMPLIFIER . Untuk kabel pada Power Control bisa anda gunakan kabel pita/ kabel pelangi yang terdiri beberapa puluh helai , ambil saja 4 helai untuk Power Control. Pada port Power control terdapat tulisan R T V O yaitu maknanya R = Tegangan pada saat RX atau receive , T = Tegangan pada saat TX atau transmit, V = tegangan utama atau tegangan 12 -13,8Volt kontinyu saat TX maupun RX , 0 adalah tegangan negatif atau ke Ground port Power Control harus terhubung pada port pada linear amplifier yaitu R ke R , T ke T , V ke + dan 0 ke G (Ground). Tidak harus menggunakan kabel pita / pelangi tapi bisa menggunakan kabel biasa dan usahakan jangan terlalu panjang , ambil saja sekitar 15 - 25 Cm sudah cukup. Perlu di cek jumper pada PCB exiter juga ada yang harus disambung , yang ditandai dengan huruf A,B,C dan E , lho D nya kemana , D tidak saya sebutkan , karena komponen diode juga menggunakan huruf D , sehingga gantinya adalah huruf E , hubungkan dengan kabel antara A ke A , B ke B , C ke C dan E ke E , pastikan semua jumper tersebut tersambung. Pada exiter juga terdapat port RX ant yaitu antena untuk receive , port out  P.A  yaitu output yang menuju ke RF Power Amplifier atau linear amplifier , port S-mtr untuk menambah Signal meter disini dapat digunakan VU meter atau s meter bekas radio CB. Port speaker untuk menghubungkan ke Loud Speaker. Potensiometer VOLUME dan FINE TUNE bisa dipasang pada PCB maupun dengan hubungan kabel. Tetapi untuk VARCO ( VARIABLE CONDENSATOR) alangkah baiknya tersolder di PCB agar tidak timbul capasitansi liar jika disambung kabel.Untuk MIC bisa digunakan kabel scherm agar tidak timbul dengung. Pastikan semua terinstalasi seperti pada Gambar . SELAMAT MENCOBA


FOTO EXITER SETELAH DIRAKIT


INSTALASI EXITER BITX SPECTRA DENGAN LINEAR AMPLIFIER



INSTALASI BITX SPECTRA DENGAN LINEAR AMPLIFIER 20W


 INSTALASI BITX SPECTRA 40 DENGAN LINEAR AMPLIFIER PUSH PULL 100W


VIDEO QSO DENGAN  BITX SPECTRA























3 komentar:

bangsadipa mengatakan...

maaf pak Yoke mohon pencerahannya bagaimana cara cek bahwa bagian rx-nya sudah bekerja dengan baik (normal}
bagian blok mana saja yang harus di tes(cek} dan bagaimana cara pengecekannya
Terima kasih sebelumnya
Hadi Setya Cahyono (YG3FCT)
hadisetyo.cahyono@gmail.com

Blogger mengatakan...

Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

More than 160 thousand women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "water hack" to burn 1-2lbs every night as they sleep.

It is proven and works every time.

Here's how to do it yourself:

1) Go get a drinking glass and fill it with water half glass

2) And now learn this awesome hack

you'll be 1-2lbs skinnier the next day!

Tri Djoko yulianto mengatakan...

Mohon pencerahan. Saya bikin radio BITX sudah sampai bagian linier. Dan setelah saya rakit bagian driver udah ok. Tapi setelah masuk ke rangkaian final kok hasilnya self. Sinyal mantheng.mohon pencerahan.

Posting Komentar

 
Powered by Blogger